Pusat Pesiapan untuk Kerja pada Perusahaan Swasta dan Pegawai Negeri Kementrian

Kamis, 11 Desember 2014

Persiapan Sebelum Ujian

Meskipun rata-rata gaji PNS tidak lebih besar dari gaji pegawai perusahaan swasta, data statistik menunjukkan bahwa dari tahun ke tahun semakin banyak yang mengikuti ujian CPNS. Keberhasilah seseorang dalam mengikuti ujian, termasuk ujian CPNS sangat
bergantung pada banyak hal seperti persiapan, usaha yang telah dilakukan, pada saat ujian, saingan pada saat itu, dan juga ada yang bilang keberuntungan atau rejeki. Bagi rekan-rekan yang ingin mengikuti ujian CPNS, berdasarkan pengalaman rekan-rekan yang pernah mengikuti ujian tahun-tahun sebelumnya, ada beberapa tips dan trik yang bisa digunakan, antara lain :
  1. Sebelum mengikuti ujian, persiapkan diri dengan berlatih soal-soal ujian tahun-tahun sebelumnya, termasuk berlatih mengisi data identitas diri di lembar soal. Logika dan pola soal tiap tahun hampir sama meskipun tidak sama persis.
  2. Sebelum ujian mintalah doa restu orang tua dan keluarga :)
  3. Pada waktu ujian, jangan tergesa-gesa mengisi lembar jawaban, namun isilah data identitas diri sesuai dengan kartu pendaftaran. Teliti baik-baik identitas anda, karena banyak peserta yang gagal masuk hanya karena masalah data yang salah seperti nama yang tidak sesuai dengan kartu pendaftaran, tanggal lahir, kode nomer soal, dll. Sebagai contoh, kalau kita salah memasukkan kode soal, maka kunci jawaban yang digunakan untuk mengoreksi juga akan lain, karena hal ini dilakukan oleh komputer.
  4. Setelah yakin mengisi data yang benar, baca dan kerjakan soal ujian dengan baik-baik.
  5. Jangan lupa, berdoa sebelum dan sesudah ujian :)
  6. Bagi yang merasa telah melakukan semuanya dengan baik, maka faktor penentu berikutnya adalah saingan anda. Jika nilai saingan anda lebih baik dari anda dan yang diambil hanya beberapa orang maka besar kemungkinan anda akan tersisih. Berdoa merupakan salah satu pelengkap usaha. Setelah melihat pengumuman, bagi yang tidak ketrima jangan berkecil hati, cobalah berlapang dada, mungkin ada rejeki yang lebih baik yang disiapkan Allah untuk anda, coba lagi tahun depan atau coba pekerjaan lain. Yang pasti berdoalah agar Allah memberikan rejeki lain yang berkah dan lebih baik.

0 komentar:

Poskan Komentar

cs

cs
CS :SMS : 087785640707

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget