Pusat Pesiapan untuk Kerja pada Perusahaan Swasta dan Pegawai Negeri Kementrian

Kamis, 11 Desember 2014

Persiapan Dalam Mencari Kerja Bagi Fresh Graduate

Berakhirnya masa kuliah menandakan kalau kita mulai memasuki dunia baru yang nggak kalah menantang; yaitu dunia kerja. Semangat kita sedang tinggi-tingginya, tuh, untuk mempraktekan ilmu yang kita dapatkan selama kuliah (atau sekadar menyalurkan hobi).
     Selain persiapan teknis seperti CV dan surat lamaran kerja, masih banyak hal non teknis lainnya yang mempermudah kita meraih pekerjaan 'perdana'....

Belajar dari pengalaman
Jumlah lowongan pekerjaan yang ditawarkan memang banyak, tapi jangan asal mengirimkan lamaran ke setiap iklan. Nggak sedikit, tuh, kasus penipuan yang berkedok lowongan kerja.
     Untuk menghindarinya, jangan ragu bertanya pada saudara maupun senior-senior kita yang sudah terjun ke duniakerja terlebih dulu. Mereka pasti mau berbagi tip untuk memilih lowongan tepat!

Tingkatkan kemampuan

Sambil menunggu respon dari perusahaan-perusahaan yang kita lamar, isi waktu 'kosong' dengan melakukan kegiatan positif sebagai bekal memasuki dunia kerja. Misalnya, nih, mengikuti kursus bahasa asing, komputer hingga fotografi.
     Nggak lucu, dong, menjual diri habis-habisan di CV sementara kemampuan asli kita terbatas. Kita mempermalukan diri sendiri, tuh!

Rajin mencari informasi
Selain koran dan internet, masih ada sarana lain untuk mencari lowongan kerja, yaitu relasi. Kita bisa menanyakan hal tersebut pada dosen atau sang asisten yang memiliki jaringan kerja luas. Jika punya hubungan baik, mereka nggak akan segan memberi kita informasi lowongan pekerjaan.
     Jangan malas juga untuk mampir ke kampus sesekali. Biasanya mading kampus menempelkan lowongankerja untuk para alumni!

Biasakan positif
Bersikap sopan dan santun adalah suatu hal mutlak yang diperlukan di dunia kerja. Tinggalkan, deh, kebiasaan-kebiasaan kita yang 'gila' dan 'asal'. Saat berbicara, misalnya, kita kudu mengucapkannya dengan jelas dan ramah.
     Mulailah melatih kebiasaan ini dari lingkungan pergaulan di sekitar kita. Kebayang, nggak, reaksi atasan atau sang pewawancara kerja jika kita menjawab pertanyaan mereka dengan nada ketus dan nyebelin?

Fleksibel
Maunya, nih, kita bekerja di bidang yang kita sukai. Tapi ada kalanya harapan kita nggak terwujud. Kita kudu siap mental jika pada akhirnya kita melakukan pekerjaan yang nggak kita sukai sama sekali.
     Di tengah ketatnya persaingan, memiliki suatu pekerjaan adalah kesempatan bagus untuk memberi kita pengalaman. Bukan nggak mungkin, tuh, pekerjaan impian terwujud setelah kita mendapatkan banyak relasi! CC

0 komentar:

Poskan Komentar

cs

cs
CS :SMS : 087785640707

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget